Friday 22 April 2016

Buat SIM C di Polres Depok

Assalamu'alaikum,

Langsung aja nih, ane mau share pengalaman bikin sim C di Polres Depok jalur resmi (ga pake calo).

Hari pertama : Jumat tanggal 8 April 2016

Ane berangkat jam stengah 9 nan dari rumah (baca kontrakan), minta dianterin sama temen (win). Sampe di polres, langsung ke loket BRI. Sebelumnya ada bapak2 yang nawarin jasa mau bantuin, tapi emang udah niat dari awal mau yg ga pake calo (duitnya ga cukup) jadi terpaksa ane tolak bantuannya. Di loket BRI ane di suruh cek kesehatan dulu, di sini ane juga di tanyaain sama dokternya "bapak sudah ada yang bantu atau jalan sendiri? " Alhamdulillah sehat wal afiat, disini bayar Rp. 22.500,-.

Abis cek kesehatan, ane ke loket BRI lg buat ambil formulir pendaftaran. Bayar 130.000,- yg 100.000 buat sim, yg 30.000 asuransi. Setelah proses transaksi beres, ane langsung isi formulirnya. Trus ane serahin ke loket pendaftaran posisinya dibawah paling pojok. Trus ane di suruh nunggu panggilan untuk foto. Lumayan lama juga nunggu buat fotonya. Abis foto, disuruh nunggu lagi buat ujian teori. 

Jam 11.00 ane masuk ke ruang ujian teori, ada 30 soal dikasih waktu 15 menit. Minimal benar 21 jawaban, klo lebih sedikit  berarti gagal. Ane masuk berdua sama bapak2, ternyata bapak itu gagal, bikin ane tambah grogi aja. Cara isi ujian teorinya udh pake komputerisasi, jadi kayak lagi main game "who one to be a milioner". Klo untuk soal-soal nya lumayan sulit buat saya, ada 3-4 kali pertanyaan tentang pasal2. Udah gitu ane baru download soal2 di internet, dan ane blm sempet belajar.

Alhamdulillah ane lulus, dengan jumlah jawaban benar 21. Trus ane dapet kertas kecil untuk lanjut ujian praktek. Pas ane mau ke tempat uji praktek, eh ujan deres. Ane putusin mau ujian praktek setelah jum'atan. Ternyata ujan ga reda juga penonton. Akhirnya ane disuruh dateng lagi besok/kapan saja sesempet ane. 


Hari kedua : Sabtu, 9 April 2016


Besoknya ane langsung pergi lagi ke Polres Depok. Sekitar jam 10 ane udah sampe dan langsung ke tempat uji praktek. Ternyata cuma kami (temen ketemu di polres) berdua aja yang akan ujian praktek (mungkin ane kesiangan). Hasilnya ane gagal, alasannya knalpot motor ane diatas garis putih pas masuk lintasan angka 8. Temen ane lulus. :(. Ane kudu nunggu 1 minggu lagi buat ujian praktek lagi. 


Hari ketiga : Sabtu, 16 April 2016

Ane dateng lebih awal, sekitar jam setengah 10. Pas ane sampai sudah ada yang sedang ujian praktek. Ane kasih kertas kupon ane ke petugas. Mau langsung praktek pak? Ane jawab, nanti pak ane mau sarapan dulu di warung (emang ane belum sarapan dirumah). Polisi nya jawab : ya udah, nunggu yang lain, masih ada yang mau praktek, biar sekalian. 

Tidak lama setelah makan, ane langsung ke tempat uji praktek. Ada 5 orang termasuk ane yang akan uji praktek. Orang pertama gagal, ane urutan kedua. Alhamdulillah ane lulus, dari 5 orang ada 2 yang tidak lulus. Ternyata 1 bapak yang tidak lulus itu sudah lebih dari 5 kali ke Polres, dia baru lulus uji teori tadi, setelah mencoba sampai 5 kali. 

Selesai uji praktek, ane disuruh tunggu untuk ambil sim di Loket. Selesai.

Catatan :

1. Tiga kali ane ke Polres ada banyak orang yang tidak kita kenal mau membantu kita. (Masih banyak orang baik di dunia ini).

2. Total biaya buat Sim C di depok 152.500,- (diluar biaya tak terduga).


9 comments:

  1. gan boleh tau ngga soal2 tes ujian teorinya kyk gmn
    atau kalo ada,di share dong hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah banyak yg share kok om, cari di google banyak. hehehe

      Delete
  2. BOLEH MINTA ALAMAT LENGKAPNYA GAN LOKASI POLRESNYA? SOALNYA ANE PENDATANG DI KOTA DEPOK MASIH BELUM TAU BANYAK JALAN

    ReplyDelete
  3. Bang. Kalo ktp bukan depok. Apa bisa bikin disaana ? Kampung ane jauh soalnya

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Gan polisi kalo mao Bantu minta duit brp? Terus kalo gagal tes materi,bayar ulang pendaftaran lg ga Gan?apa gimana?

    ReplyDelete
  6. saya dapat info bahwa warga dki (sudah punya SIM tapi mati 3 4 bln) bisa bikin di samsat depok apakah benar..??? mohon tanggapannya dengan sangat. terima kasih

    ReplyDelete
  7. Saya 2thn yg lalu lngsng jadi dimintain 450 ywdh byr aja.biar gk buang2 waktu juga hhee

    ReplyDelete
  8. Gan, apa tes prakteknya bisa pakai motor matic?

    ReplyDelete